Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Jawaban

soal kelas 3 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 (K-13). Proses evaluasi di satuan pendidikan, khususnya SD berbentuk ulangan atau Penilain. Dalam penilaian tersebut mencakup, Penilaian Harian (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau dulunya disebut Ulangan Tengah Semester (UTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau yang awalnya dinamakan Ulangan Akhir Semester (UAS). Bicara tentang penilaian atau pun ulangan tentu tak terlepas yang namanya soal ulangan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kumpulan soal kelas 3 semester 2 atau genap dan kunci jawaban.

Soal Kelas 3 Semester 2

Dalam Kurikulum 2013 SD/MI kelas 3 ini disajikan ke dalam beberapa tema, tiap tema umumnya mempunyai 4 subtema, dan tiap subtema terbagi dalam 6 pembelajaran. Untuk Soal Kelas 3 Semester 2 ini terdiri dari 4 tema, 16 subtema dan 64 Pembelajaran.

Untuk pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester 2 biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Agustus ataupun di awal bulan September. Sedangkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal biasanya dilaksanakan di bulan November akhir atau awal Desember. Semua itu disesuai dengan kalender pendidikan yang telah diputuskan oleh Dinas Pendidikan terkait.

Soal Kelas 3 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013

Ada pun Tema yang digunakan untuk penilaian Kelas 3 semester 2 KUrikulum 2013 (K-13) terdiri dari :

5. Tema 5 Cuaca

  • Subtema 1 Keadaan Cuaca
  • Subtema 2 Perubahan Cuaca
  • Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia
  • Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

6. Tema 6 Energi dan Perubahannya

  • Subtema 1 Sumber Energi
  • Subtema 2 Perubahan Energi
  • Subtema 3 Energi Alternatif
  • Subtema 4 Penghematan Energi

7. Tema 7 Perkembangan Teknologi

  • Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
  • Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
  • Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
  • Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

8. Tema 8 Praja Muda Karana

  • Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
  • Subtema 2 Aku Anak Mandiri
  • Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
  • Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Soal ulangan atau penilaian kelas 3 SD/MI semester 2 Kurikulum 2013 ini diatur menurut kisi-kisi yang telah ditetapkan. Pada umumnya terbagi dalam bentuk soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal penilain kelas 3 semester gasal ini terdiri dari beberapa kompetensi dasar dengan muatan mata pelajaran yang ada, antara lain: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Pada Kurikulum 2013 (K-13) ini sudah mengalami sedikit revisi, salah satunya, Mata pelajaran PJOK (Penjaskes) di jenjang Sekolah Dasar sederajat, khusunya untuk kelas 3 di Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. PJOK pada Kurikulum 2013 revisi terbaru sudah jadi mata pelajaran yang berdiri sendiri, terpisah dengan pelajaran tematik.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 semester 2 perlu dilaksanakan oleh guru atau pengajar untuk memudahkan saat melakukan penilaian atau evaluasi hasil belajar peserta didik. Selain itu pemetaan KD ini bermanfaat untuk memudahkan dalam membuat soal penilaian dan juga memudahkan saat membuat kisi-kisi soal serta bisa memudahkan ketika melakukan analisis butir soal.

Hasil dari evaluasi pengetahuan nanti akan di proses secara kuantitatif dengan memakai angka yakni bilangan bulat dengan angka 0 -100, selain itu juga menggunakan predikat, dan deskripsi. Untuk deskripsi berbentuk kalimat positif berkaitan perolehan potensi peserta didik yang merujuk pada tiap Kompetensi Dasar (KD). Nilai penilaian kelas 3 semester 2 bisa diambil tiap KD nya.

Download Soal Kelas 3 dan Kunci Jawaban

Untuk bahan persiapan menghadapi Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilian Akhir Semester untuk kelas 3 SD/MI yang menggunakan kurikulum 2013 (K-13) bisa mencoba mengerjakan beberapa soal latihan di bawah ini. Secara lengkap soal soal tersebut bisa adik adik unduh secara gratis dan mudah melalui tautan di bawah ini.

Soal kelas 3 matematika semester 2 klik di sini
Soal tema 5 kelas 3 ide pengajar
Contoh Soal tema 7 kelas 3 ide pengajar
Soal tema 6 kelas 3 ide pengajar
Soal tema 8 kelas 3 ide pengajar

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali, dan semoga bisa bermanfaat dalam membantu belajar soal kelas 3 SD/MI semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Jawaban"